Mari Kenali Photo Artistik dengan Tehnik Low Key

Ada beberapa tehnik photografi yang dapat dicoba oleh praktisi photo, baik profesional atau hanya hoby. Salah sau pilihannya ialah tehnik artistik, yaitu low key. The Daily Oktagon kesempatan ini akan mengulasnya dengan cara komplet. Apakah yang dimaksud dengan tehnik itu? Mari kenali photo artistik dengan tehnik low key.

Low key merujuk pada style photografi yang manfaatkan tone gelap lebih menguasai untuk bikin gambar atau photo terlihat menegangkan. Saat pencahayaan high key berupaya untuk lebih menerangi subyek dengan kurangi kontras, pencahayaan low key malah mengintensifkan kontras dalam gambar dengan kurangi intensif pencahayaan.

Kuncinya di sini yaitu bukan hanya membuahkan gambar gelap, tetapi memakai pencahayaan dengan benar-benar selektif hingga cuma sisi khusus dari gambar yang diterangi. Umumnya untuk photografer, Anda habiskan waktu berusaha untuk hindari bayangan yang keras, khususnya di muka serta seputar mata subyek. Untuk fakta ini, memphoto dengan tehnik low key betul-betul bisa jadi langkah yang membahagiakan untuk membuahkan photo yang artistik.

Bukannya hindari bayangan yang intensif, Anda harus mempertimbangkannya untuk komponen penting dari formasi, yaitu salah satunya yang mendeskripsikan situasi semua photo. Anda dapat merekayasa pencahayaan serta tempat subyek, hingga bayangan jatuh cuma dalam tempat yang pas untuk membuat penampilan photo yang Anda kehendaki.

Ciri Ciri khas

Satu photo yang dibuat dengan tehnik low key mempunyai sejumlah besar tone di daerah bayangannya. Dalam bahasa pemula, sejumlah besar dari photo itu sebetulnya kelihatan gelap. Cuma subyek atau sisi khusus yang terlihat jelas. Photo yang dibuat dengan tehnik pengambilan foto low key manfaatkan kontras, secara tidak sama untuk mengundang perhatian pirsawan.

Memphoto dengan tehnik ini pokoknya ialah manfaatkan pencahayaan alami. Kemungkinan sedikit susah dilaksanakan, mengingat Anda tidak dapat mengatur sinar yang hadir tidak seperti saat Anda memakai lampu. Lain dengan memphoto di studio, Anda dapat mempunyai kontrol penuh atas sinar.

Umumnya beberapa photografer atau digital imaging artist membuat photo low key di Photoshop – dengan mengubah background atau mungkin dengan memakai kuas. Tetapi, sebetulnya ada beberapa cara khusus untuk ambil gambar low key langsung dari camera.

Salah satunya langkah untuk membuahkan beberapa photo low key tanpa ada memakai pertolongan lampu studio ialah memphoto di luar ruangan di waktu malam hari. Anda akan diuntungkan dengan cara alamiah sebab situasi yang gelap. Anda cukup temukan sumber sinar yang pas. Sinar bulan atau lampu kota jadi sumber pencahayaan yang bagus.

Jalanan temaram yang cuma sedikit diterangi lampu atau taman kota, serta teritori parkir dapat jadi tempat yang pas untuk membuahkan photo dengan tehnik low key. Gunakan saja situasi pencahayaan yang beragam untuk membuahkan bidikan yang menegangkan.

Bagaimana untuk Ambil Photo Low Key dengan Manfaatkan Sinar Alami?

Ada dua langkah yang dapat Anda kerjakan :

1. Mencari background yang mempunyai dua tingkat kecerahan di bawah subyek, contohnya subyek diterangi matahari serta latar belakangnya gelap atau dalam tempat teduh.

2. Terkadang Anda kemungkinan tidak temukan background yang diterangkan di atas. Dalam masalah itu, Anda bisa memakai karton hitam atau kain.

Penataan Camera

1. Anda bisa memakai salah satunya tipe, yaitu camera digital single-lens reflex alias DSLR atau camera saku.

2. Bila Anda memakai camera pocket atau saku, pakai model Spot atau Metering Parsial. Tujukan camera pada subyek serta pencet tombol shutter. Jika Anda tujukan camera ke sisi background, karena itu camera akan ‘berpikir’ uuntuk menunjukkan background yang gelap itu, hingga sisi itu yang terserang sinar yang pas, sesaat subyek malah over exposed.

3. Bila Anda memakai DSLR atau camera saku yang sediakan manual atau model semi manual, gelapkan atau underexpose sisi background sampai 2 stopi. Anda bisa memakai model Aperture Priority atau model Manual untuk lakukan ini.

4. Bila Anda memakai model Aperture Priority (A), karena itu susunlah EV pada setelan angka -2. Camera akan pilih kecepatan rana yang kurang jelas yang akan menggelapkan sisi background sampai 2 setop

5 Bila Anda memakai model Manual, karena itu Anda dapat mengendalikan aperture serta kecepatan jepret (shutter speed) seperti keinginan, saat pemberi tanda EV ada pada angka -2.

Trick Memphoto

Untuk memphoto dengan tehnik low key, Anda yakinkan sinar yang masuk ke camera benar-benar minim tetapi tidak gelap. Contohnya Anda atau exposure pada 1/80 sec, aperture f/6.3, serta ISO 100. Umumnya penggunan ISO rendah akan membuahkan gambar begitu gelap, tetapi malah ini yang Anda butuhkan. Pada ISO 100, kualitas photo tetap tinggi sebab minim noise serta warna subyek akan mencolok dengan background hitam yang kompak. Tehnik low key seringkali digunakan beberapa photografer di studio untuk memphoto produk supaya kelihatan cool serta menawan, dengan memakai pengaturan lampu. Sesaat untuk street fotografi, yakinkan object incar ada pada tempat pencahayaan yang pas.

Share Post